Welcome to my blog, Thanks for your visit, Don't forget klik JOIN THIS SITE and LIKE my fans page, Kami butuh komentar anda!

Monday 3 June 2013

Mencari dan Mendownload Driver yang Tepat

Supaya sistem operasi (OS) bisa terhubung dengan perangkat keras (hardware) dalam komputer kita, diperlukan sesuatu yang selama ini disebut dengan driver. Driver berbentuk program perangkat lunak (software) yang jika digambarkan, ‘memberitahu’ kepada OS bagaimanakah cara kerja sebuah hardware.
Jika kamu membeli PC yang sudah bundled dengan OS, maka bisa dipastikan bahwa di dalam PC tersebut sudah terinstall semua driver yang diperlukan, sehingga semua hardware yang disupport oleh driver tersebut bisa berjalan dengan lancar. Namun, ada kalanya PC mengalami masalah dan harus di install ulang. Jika hal ini terjadi, mau tidak mau spAcer harus mencari dan menginstall kembali driver-driver yang diperlukan oleh PC kamu.
Nah, jika spAcer ingin mencari driver yang tepat dan kompatibel untuk notebook atau netbook, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Masuk kehttp://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/home kemudian klik ‘Driver & Downloads’
  •  Pilih tipe produk Acer yang ingin dicari drivernya, contoh: Notebook >> Aspire >> Aspire 3810T
  • Pada kotak terakhir, ada informasi OS* apa saja yang drivernya tersedia untuk produk yang spAcer cari. contoh: Bila tanda ceklist hanya ada pada OS Windows 7 saja berarti hanya driver untuk OS Windows 7 yang tersedia.



Jika ternyata spAcer memakai OS selain daripada OS yang tersedia, maka spAcer bisa mendapatkan driver yang dibutuhkan dengan mengunjungi situs dari vendor masing-masing hardware digunakan di PC spAcer.
Sebagai contoh, jika spAcer ingin mencari graphic driver untuk Windows XP, maka spAcer bisa mengunjungi website www.intel.com , atau spAcer bisa mengunjungi website www. http://support.microsoft.com untuk mencari driver yang men-support windows XP.
Contoh lainnya, jika spAcer sudah tahu secara spesifik driver merk apa yang dicari, maka spAcer bisa mengunjungi situs vendor driver tersebut. Misalnya, spAcer ingin mencari driver audio Realtek, bisa mengunjungiwww.realtek.com.tw
*Situs www.acer.co.id hanya menyediakan driver untuk OS Windows saja, jadi jika spAcer ingin mencari driver untuk OS linux, bisa mengunjungi situs resmi milik linux
  • Jangan lupa untuk memilih OS sesuai dengan produk yang kamu pakai pada kotak ‘Operating System’. Misalnya spAcer memakai PC dengan OS Windows XP 32bit, maka pada kotak ‘Operating System’ spAcer harus memilih ‘Microsoft Windows XP Professional x32’
  • Setelah melakukan semua langkah diatas, maka akan muncul kotak berisi pilihan bermacam-macam driver yang bisa spAcer download sesuai kebutuhan.


  • Pada beberapa kasus, driver untuk suatu program ternyata tersedia lebih dari satu pilihan. Jika begitu, driver mana yang paling cocok untuk PC kita? spAcer bisa mengetahui driver yang cocok dengan PC milikmu dengan menjalankan aplikasi Hardware Vendor Detection.
  • Aplikasi ini bisa didapatkan di http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers. Kemudian, setelah memilih tipe notebook atau netbook yang spAcer pakai, klik icon “i” yang ada di sebelah kanan tulisan “Need to know the hardware on your system to choose the right drivers?”


  • Download dan simpan file ‘HWVendordetection.exe’ di desktop spAcer.  Setelah file berhasil didownload, klik icon ‘HWVendordetection.exe’ yang ada di desktop spAcer untuk menjalankan aplikasi.Setelah aplikasi di jalankan, akan muncul kotak yang berisi referensi driver apa yang sesuai dengan notebook atau netbook spAcer seperti pada tampilan berikut.
  • Setelah mendapat referensi driver apa yang cocok untuk PC kamu, langkah selanjutnya adalah mendownload driver yang kamu perlukan.



Tidak sulit kan untuk memilih dan mendownload driver yang tepat? Ingat ya spAcer, selalu pastikan bahwa driver yang kamu install pada PC adalah driver yang sesuai atau kompatibel dengan OS yang terpasang pada PC milikmu. Karena jika driver yang terinstall tidak kompatibel dengan OS,atau suatu perangkat tidak disertai dengan driver yang tepat, maka programnya tidak akan berjalan dengan lancar.


No comments:

Post a Comment