Welcome to my blog, Thanks for your visit, Don't forget klik JOIN THIS SITE and LIKE my fans page, Kami butuh komentar anda!

Thursday 13 June 2013

Cara Menggambungkan 1 PC dengan 2 Monitor atau lebih

Sebelumnya saya minta maaf sob, apabila postingan kali terlalu detail. Saya harap anda semua gak bosan" buat membacanya. Bisa juga dengan 4 monitor lihat di Cara Menggabungkan 4 Monitor dengan 1 PC.
Software driver yang ada saat ini sudah dilengkapi untuk mengunakan 2 monitor pada sebuah PC. Bahkan jenis VGA Matrox malah dapat mengunakan 3 monitor sekaligus untuk sebuah PC.
Tetapi sampai dimana pemanfaatan pemakaian dual output VGA saat ini. Kami mencoba memfungsikan output pada VGA Gigabyte Radeon 9800 Pro untuk tujuan tersebut.
VGA Radeon 9800 yang dilengkapi dengan dual output dapat mengunakan 2 output untuk menampilkan gambar terpisah ada 2 buah monitor. Untuk bahan test, digunakan 2 monitor, pertama Tabung monitor biasa dengan ukuran 17″ dan LCD model LG 17″

Perlengkapan test:
  • LCD LG monitor Flatron L1710B berukuran 17″
  • Tube Monitor Sony E200 berukuran 17″
  • Gigabyte Radeon 9800 Pro dual output
  • Software Catalyst 3.10
Cara Pemasangan:

  1. Monitor LG LCD Flatron ditempatkan pada sisi kiri sebagai Primary monitor.
  2. Tube monitor E200 ditempatkan di sisi kanan sebagai Secondary monitor.

Pada gambar bawah adalah output VGA Gigabyte Radeon 9800 Pro dan kedua jack VGA digunakan untuk menampilkan gambar di kedua monitor.

Catatan: Bagi pemakai dengan VGA Nvidia kemungkinan posisi jack dual VGA akan terbalik, umumnya Nvidia menempatkan Primary port VGA pada sisi bawah PCI dan Secondary VGA dengan DVI output ditempatkan dibagian atas PCI.
  
Setting VGA driver via Windows XP
  1. Yang perlu dipersiapkan adalah adanya driver, pada gambar dibawah ini adalah tampilan driver bagi Radeon 9800 Pro pada Windows XP.

  2. Cukup mengklik pada nomor monitor 2  
  3. Centang bagian Extend my Windows desktop . . .
  4. Selanjutnya posisi monitor sudah dengan 2 layar


Agar mengenal sisi mana monitor yang digunakan tekan Identify 

Dan akan muncul sebuah number besar pada kedua layar, No 1 adalah monitor di sisi kiri sedangkan monitor dengan No 2 untuk sisi kanan. Sempat dicoba pada VGA jenis Nvidia bila posisi monitor dapat dibalik sesuai keinginan, tetapi pada jenis Radeon VGA belum ditemukan option untuk membalik fungsi display.



Cara pengunaan bagi pemakaian 2 monitor dengan 1 PC:

Jadi lebar monitor pada dual display akan lebih luas. Untuk mengunakan dual monitor dengan sebuah computer, display awal bagi aplikasi tetap akan dimulai pada sisi Primary Display atau dari sisi kiri monitor.
Pemakai cukup memindahkan program dengan mengeser mouse ke sisi kanan agar ditampilkan ke layar ke dua. Dengan mengunakan layar lebar, maka penguna computer tidak lagi pusing untuk membalik antar program yang berada disisi belakang dan depan. Cukup memindahkan aplikasi ke sisi kosong diantara kedua layar monitor dan mengeser mouse diantara kedua monitor

Contoh Hasil Percobaan Test:
  1. Pada contoh dibawah ini untuk menampilkan 3 program sekaligus dengan Excel spreadsheet (Primary monitor), Word processing (Secondary Monitor)dan Email program (Secondary Monitor). Seluruh program dapat terlihat dan pemakai cukup memiliki layar lebih lebar dengan 1 buah computer saja.

  2. Atau pemakai dapat mengunakan 1 buah aplikasi dengan 2 buah monitor untuk display. Seperti editing sound track yang memerlukan layar besar agar track suara dapat terlihat. Pada contoh dibawah ini adalah penampilan software Cooledit untuk mendisplay 1 program dengan 2 layar bersamaan. Untuk menampilkan aplikasi dengan 2 layar yang di tarik / strecth, caranya dengan menarik sisi windows pada aplikasi ke sisi kiri dan kanan di antara kedua layar seperti menarik layar windows pada monitor.

  3. Atau anda ingin menonton 1 sebuah Film DVD dengan 2 monitor. Caranya sama seperti menampilkan 1 aplikasi dengan 2 monitor. Pada test program DVD, untuk menampilkan 2 layar dengan Power DVD maka Aspect Ratio harus dimatikan agar tampilan gambar dapat ditayangkan oleh program ke sisi kiri dan kanan.

  4. Dibawah ini adalah contoh untuk menampilkan satu windows pada 2 layar secara vertikal. Kedua monitor ditempatkan secara vertikal agar menampilkan gambar tersambung pada kedua monitor.

Untuk akhir kata, bagi mereka yang ingin memperluas layar monitor, cara ini dapat digunakan dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan dual output VGA. Tentu anda harus memiliki 2 monitor, dan tidak menjadi masalah apakah kedua ukuran monitor berbeda, dan mengerti maksimum resolusi pada monitor yang digunakan. Untuk aplikasi multimedia diharapkan mengunakan monitor yang memiliki ukuran yang sama serta memiliki frame tipis (seperti sisi LCD) agar menampilkan layar yang sama besar tentunya serta tidak banyak menganggu tampilan di bagian tengah layar. 

Semoga Bermanfaat!

6 comments:

  1. bermanfaat banget....jgn pernah lelah memposting ilmunya gan...sukses ya bray......

    ReplyDelete
  2. Bang saya punya PC dan VGA card nya sudah support port dual monitor port pertama VGA dan port 2 HDMI terus saya sambungin untuk port VGA ke Monitor bawaan PC terus port HDMI ke LED TV kemudian saya setting EXTEND hasilnya LED Tv sebagai monitor 1 sementara Monitor bawahan PC malah sebagai monitor 2 sehingga tampilan dekstop hanya di LED TV padahal yang saya inginkan tampilan DEKSTOP harus di monitor bawahan PC ( sebagai monior 1) dan LED TV sebagai monitor 2 (Pelebarannya) cara nya bagaimana yah gan ??
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ane bias di ganti gan "set as primary" itu kalo ga salah

      Delete
  3. makasih ilmunya gan,sangat membantu sekali

    ReplyDelete