Welcome to my blog, Thanks for your visit, Don't forget klik JOIN THIS SITE and LIKE my fans page, Kami butuh komentar anda!

Thursday 13 June 2013

Cara Menggabungkan 4 Monitor dengan 1 PC

Sebelumnya kami telah mempostingkan Cara Menggambungkan 1 PC dengan 2 MonitorLalu bagaimana bila anda menghendaki 4 monitor dengan 1 PC. Kami melakukan percobaan dengan nForce4 dual VGA dan mainboard ini dapat digunakan untuk 3 monitor. Besar kemungkinan dapat juga menampilkan gambar bagi 4 monitor.

Spesifikasi yang dicoba dengan :
  1. Mainboard Gigabyte GA-8N-SLI Pro Intel SLI DDR2
  2. Chip-set nForce 4 Dual PCIe
  3. Processor Intel P4 EE 3.4Ghz
  4. Memory 1GB Dual Channel PC5400 Corsair
  5. Monitor 3 monitor, 2 LCD dan 1 Tube monitor
  6. VGA Card: 1 X Gigabyte X600 Pro PCIe – output 1 LCD dan 1X Gigabyte X700 PCIe – 1 output LCD, 1 output tube monitor
  7. Driver Catalyst v 5.9
Pada gambar dibawah ini, pengujian dengan Radeon X600 dan X700. VGA utama X600 dihubungkan untuk 1 monitor, dan X700 dihubungkan untuk 2 monitor.


Untuk setup monitor lebih dari 2 buah, disarankan mengunakan jenis VGA yang sama. Karena penganturan monitor akan lebih mudah bila pemakaian produk GPU yang seragam. Pada contoh dibawah ini adalah setup monitor dengan Catalyst Driver 5.9.




Kendala pengunaan lebih dari 2 monitor dengan 1 computer:
  1. Pengunaan computer untuk monitor lebih dari 2 tidak sebaik dibandingkan tampilan dengan 1 atau 2 monitor saja. Tampilan gambar hanya baik bila digunakan sebagai text display (2D). Untuk aplikasi seperti browser, spreadsheet tidak akan bermasalah bagi computer dengan 3 dan 4 display monitor. Tetapi tampilan gambar 3D akan tetap diberlakukan untuk 2 monitor saja. Sedangkan gambar DVD, visual efek misalnya openGL yang memerlukan proses pada GPU hanya akan ditampilkan pada 1 sampai 2 monitor. Pengolahan gambar OpenGL dan Direct 3D memiliki batasan bagi 1 dan 2 monitor.
  2. Penyusunan urutan monitor ke 3 dan ke 4 nantinya akan berbeda dibanding pemakaian 2 monitor. Karena urutan antara 2 monitor dapat diatur dari driver. Dan pengaturan dapat dipindah pindah dari arah yang anda inginkan dari driver.
  3. Sedangkan pengaturan monitor lebih dari 2 hanya dapat dipindah sesuai letak monitor pada driver. Misalnya anda mengunakan 4 buah monitor, maka pengaturan letak monitor diatur dari gambar didalam setup driver masing masing VGA. Tetapi driver tidak dapat mengatur monitor mana yang menjadi prioritas.
  4. Pengaturan 4 monitor akan memiliki urutan 1-3-2-4. Urutan 1 dan 3 adalah display pada VGA pertama dan monitor 2 dan 4 dihubungkan ke VGA kedua.
Semoga Bermanfaat!

No comments:

Post a Comment