Welcome to my blog, Thanks for your visit, Don't forget klik JOIN THIS SITE and LIKE my fans page, Kami butuh komentar anda!

Wednesday 20 March 2013

Solusi Handphone Terkena Air


HANDPHONE TERKENA AIR

Beberapa hari yang lalu seorang teman ku bercerita bahwa dia baru saja terkena musibah, Handphone nya masuk kedalam ember yang berisi penuh dengan air, padahal handphone tersebut hadiah dari Ibu_nya yang baru dia gunakan 2 hari yang lalu..
Hmm tetapi yang namanya musibah siapa yang bisa menolaknya…, tapi semua patut disyukuri.., jadikan itu pelajaran agar kita lebih berhati-hati lagi dalam merawat dan menjaga semua barang kesayangan kita.
Kalau saja temen-temen mengalami hal yang serupa, aku ada sedikit tips yang mungkin saja bisa membantu, silahkan coba….
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan ponsel secepat mungkin dan keringkan bagian luarnya.
  • Setelah itu, langsung buka penutup baterai dan lepaskan baterai dari ponsel. Ini dilakukan untuk memutuskan arus listrik pada ponsel. Lalu lepaskan SIM Cardnya juga secepatnya. SIM Card bisa jadi untuk sebagian orang lebih berharga dibanding ponsel itu sendiri. Juga aksesoris lain seperti memori card.
  • Jika ada, gunakan vaccum untuk menyedot sisa-sisa embun air. Jangan gunakan hair dryer, bahkan dalam mode dingin. Hair dryer dapat mendorong embun-embun air yang tersisa kedalam partikel-partikel yang lebih kecil lagi dari ponsel.  Kelihatannya memang cepat kering tapi hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan ponsel lebih dalam lagi. Gunakan vaccum kurang lebih selama 20 menit dalam jarak yang aman dan jangan terlalu dekat karena bisa menyebabkan arus listrik statis.
  • Setelah itu letakkan bagian-bagian ponsel tersebut pada setiap mangkuk berisi beras. Hal ini dilakukan untuk mengangkat embun-embun air yang mungkin sudah masuk kedalam ponsel.  Dan biarkan paling tidak semalaman.
  • Cara lain adalah dengan meletakan bagian-bagian ponsel tersebut (kecuali baterai) pada alat elektronik yang menghasilkan panas, seperti televisi.  Biarkan kira-kira 1 hari.
  • Setelah dipastikan benar-benar  kering total, baru kemudian coba pasang baterai dan nyalakan.  Jika tidak nyala, coba pasang charger tanpa baterai. Jika hidup, maka kamu hanya perlu mengganti baterai baru.  Jika tidak hidup maka perlu membawa ponsel tersebut ke teknisi yang ahli dibidang ini untuk membetulkannya.
Tips:
  • Jika ponselmu jatuh kedalam air yang bermineral, seperti air laut dsb, bilas ponsel (tanpa SIM Card, baterai dan memori card tentunya) dengan air yang benar-benar murni.
  • Jika ponsel sudah terkontaminasi dengan mineral yang sudah membeku, seperti garam, ketuk-ketuk ponsel tersebut dengan lembut ketangan untuk melepaskan partikel-partikel kristal tersebut. Lalu gunakan vaccum untuk membersihkannya.
Yang Jangan Dilakukan:
  • Jika baterai basah, jangan mencoba untuk mengeringkan dengan cara memanaskannya.  Baterai, terlebih pada jenis Lithium-ion, sangat sensitive.  Dalam panas yang berlebihan dapat menyebabkan ledakan. Jadi sebaiknya jangan menpercepat proses pengeringan baterai.
  • Jika kamu menggunakan alkohol untuk membersihkan beberapa bagian ponsel yang terkena cairan lengket seperti soda dan sejenisnya, jangan dipanaskan terlebih dahulu.  Jangan juga dipasang baterai sampai bau dari alkohol benar-benar sudah hilang.

  • Jangan mengeringkan ponsel dengan memasukkannya ke dalam microwave.  Kelihatannya memang bagus dan cepat kering, tapi mungkin kamu akan beresiko menghancurkan ponsel dan microwave mu sekaligus.

No comments:

Post a Comment