Welcome to my blog, Thanks for your visit, Don't forget klik JOIN THIS SITE and LIKE my fans page, Kami butuh komentar anda!

Saturday 17 August 2013

GROUND HANDLING



1.1.  Pengertian Ground Handling
“Ground Handling” berasal dari kata “Ground” dan “Handling”. Ground artinya darat atau di darat, yang dalam hal ini di Bandara (Airport). Handling berasal dari kata Hand atau Handle yang artinya tangan atau tangani. To Handle berarti Menangani, Melakukan suatu pekerrjaan tertentu dengan dengan penuh kesadaran. Handling berarti Penanganan atau pelayanan (Service ot To Service, sehingga pada banyak kesempatan, kita sering menjumpai pemakaian kata “Ground Service”. Dan dalam banyak kasus. Kita juga sering menemukan kata “Ground Operation”, Baik “Ground Handling”, “Ground Service”, “Ground Operation” maupun “Airport Service”, pada dasarnya mengandung maksud dan pengertian yang sama, yaitu merujuk kepada “Suatu aktifitas perusahaan penerbangan yang berkaitan dengan penanganan atau pelayanan terhadap para penumpang berikut bagasinya, kargo, pos, peralatan pembantu pergerakan pesawat di darat dan pesawat terbang itu sendiri selama berada di Bandara, untuk keberangkatan (Departure) maupun untuk kedatangan atau ketibaan (Arrival)”. Secara sederhana “Ground Handling” atau “Tata Operasi Darat” adalah pengetahuan dan keterampilan tentang penanganan pesawat di Apron, penanganan penumpang dan bagasinya di terminal dan kargo serta pos di cargo area.

1.2. Ruang Lingkup Ground Handling
Ruang lingkup atau batasan pekerjaan “Ground Handling”, yaitu pada fase atau tahap :
1.      Pre-Flight
Kegiatan penanganan terhadap penumpang berikut bagasinya dan kargo serta pos dan pesawat sebelum keberangkatan (di Bandara asal/Origin Station)
2.      Post Flight
Kegiatan penanganan terhadap penumpang beserta bagasinya dan kargo serta pos dan pesawat setelah penerbangan (di Bandara tujuan/Destination)
Atau dengan kata lain penanganan penumpang dan pesawat selam berada di Bandara. Secara teknis operasional, aktifitas “Ground Handling” dimulai pada saat pesawat “ taxi” (Parking Stand), mesin pesawat sudah dimatikan, roda pesawat sudah diganjal (Block On) dan pintu pesawat sudah dibuka (Open The Door) dan para penumpang sudah dipersilahkanuntuk turun atau keluar dari pesawat, maka pada saat itu para staff udara sudah memiliki kewenangan untuk mengambil alih pekerjaan dari “Pilot In Command (PIC)” beserta cabin crew-nya. Dengan demikian, fase ini kita namakan “Arrival Handling”. Dan sebaliknya, kegiatan atau pekerjaan orang-orang darat berakhir ketika pesawat siap-siap untuk lepas landas, yaitu pada saat pintu pesawat ditutp, mesin dihidupkan dan ganjal roda pesawat sudah dilepas (Block Off). Tanggung jawab pada fase ini (In-Flight) berada di tangan “Pilot In Command” beserta para awak kabinnya. Fase ini dikenal dengan istilah “Departure Handling”

Obyek yang ditangani oleh Ground Staff pada intinya, meliputi :
1.      Penumpang (Pax),
2.      Barang bawaan penumpang (Baggage),
3.      Barang kiriman (Cargo),
4.      Benda-benda pos (Mail),Ramp dan aircraft.

Sebagai sebuah proses penangana, maka muncul istilah : Passenger Handling, Baggage Handling, Cargo and Mail Handling dan Ramp Handling. Dimana baik ruang lingkup maupun obyek kegiatan tersebut harus mengacu kepada aturan yang telah ditetapkan oleh “IATA Airport Handlng Manual, 810 Annex A”, yang telah menetapkan sebanyak 14 section pelayanan standar atau 14 kegiatan.

1.3    Tujuan Ground Handling
Ground Handling mempunyai tujuan atau target-target/sasaran-sasaran yang ingin dicapai, yakni :
1.      Flight Safety
2.      On Time Performance
3.      Customer Satisfaction
4.      Reliability

1.4 Area Pelayanan Graound Handling:
1.      Terminal Area, meliputi:
a)      Pax Handling, dan
b)      Baggage Handling.
2.      Apron Area, meliputi;
a)      Ramp Handling.
2        Cargo Area, meliputi:
a)      Cargo Handling, dan
b)      Mail Handling.

Seluruh Pelayanan Ground Service Provider mengacu pada IATA Airport Handling Manual 810, yang terdiri dari beberapa Section.
 IATA AHM 810 1998, terdiri dari 14 Section, yaitu:

Section 1.      Representation & Accomodation
2.1                                      General

Section 2.      Load Control and Communication
2.2                                      Load Control
2.3                                      Communications
2.4                                      Departure Contol System (DCS)

Section 3.      Unit Load Devisi (ULD)
2.3                                      Handling
2.4                                      Administration

Section 4.      Passanger & Baggage
4.1       General
4.2       Departure
4.3       Arrival
4.4       Baggage Handling
4.5       Remote/Off Airport Services
4.6       Intermodal Transportation

Section 5.      Cargo & Mail
5.1       Cargo Handling – General
5.2       Outbound (Export) Cargo
5.3       Inbound (Import) Cargo
5.4       Transfer/Transit Cargo
5.5       Post Office Mail

Section 6.      Ramp
6.1       Marshalling
6.2       Parking
6.3       Ramp to flight deck communication
6.4       Loading/embarking and unloading/disembarking
6.5       Starting
6.6       Safety measures
6.7       Moving of aircraft

Section 7.      Aircraft Servicing
7.1       Exterior cleaning
7.2       Interior cleaning
7.3       Toilet service
7.4       Water service
7.5       Cooling and Heating
7.6       De-Icing/Anti-Icing services and snow/ice removal according to the carrier’s Instructions
7.7       Cabin equipment and inflight entertainment material
7.8       Storage of cabin material

Section 8.      Fuel & Oil
8.1       Fuelling and/or Defuelling
8.2       Replenishing of oils and fluids

Section 9.      Aircraft Maintenance
9.1       Routine services
9.2       Non-Routine services
9.3       Material handling
9.4       Parking and hanggar space

Section 10.    Flight Operation & New Administration
10.1     General
10.2     Flight preparation at the airport of departure
10.3     Flight preparation at a point different from the airport of departure
10.4     In-flight assistance
10.5     Post-flight activities
10.6     In-flight re-despatch
10.7     Crew administration

Section 11.    Surface Transportation
11.1     General
11.2     Special transport

Section 12.    Catering Service
12.1     Liaison and administration
12.2     Catering ramp handling

Section 13.    Supervision and Administration
13.1     Supervisory functions of services provided by other’s
13.2     Administrativ functions

Section 14.    Security
14.1     Passengers and baggage screening and reconciliation
14.2     Cargo and post office mail
14.3     Catering
14.4     Aircraft Security
14.5     Additional security services


1 comment: